Bagikan artikel ini:

Lem silikon adalah salah satu jenis sealant yang tingkat elastisitasnya seperti karet. Lem ini berbahan dasar polimer silikon yang memiliki tekstur yang cair namun beberapa ada juga yang seperti gel. Lem silikon sealant berguna untuk proyek pembangunan maupun perbaikan rumah, seperti untuk menambal kebocoran, keretakan dan masalah lainnya yang biasanya terjadi pada sebuah bangunan. 

Selain berfungsi untuk menambal kebocoran atau keretakan, lem silikon sealant juga dapat digunakan untuk pembuatan aquarium. Meskipun pada saat pembuatannya sudah didesain sedemikian rupa, tetapi tidak menutup kemungkinan ada yang tidak pas atau ada yang terlewatkan padahal akuarium tersebut sudah di lem dengan kuat. Mau tidak mau, kita harus melepas lem kaca aquarium untuk memperbaikinya. Bagaimana cara melepas lem kaca aquarium tersebut? Simak tipsnya berikut ini:

 

Cara Melepas Lem Kaca Aquarium

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk melepas lem silikon sealant tersebut. Alat-alat yang digunakan adalah benang pancing atau senar pancing, cutter kecil tajam / silet tajam dan thinner. Nah, setelah alat-alat sudah tersedia, Anda dapat langsung mengerjakannya dengan tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Oles lem sealant dengan thinner menggunakan kuas agar mudah terkelupas. Thinner dapat mempermudah untuk melepaskan lem silikon sealant karena dapat membuat bahan-bahan yang keras menjadi lebih lunak.
  2. Langkah kedua yang harus dilakukan adalah kerok atau belah lem silikon sealant yang melekat secara perlahan-lahan dengan cutter atau silet. Lalu buatlah jalur untuk mempermudah melepas lem kaca aquarium.
  3. Gunakan benang pancing untuk memotong lem yang terdapat pada sekat-sekat kaca dengan cara menggesekkan benang pada lem kaca secara perlahan tetapi tetap kuat dan hati-hati. Gunakanlah benang pancing dengan ukuran kisaran 0,26 – 0,30 mm, karena jika benang lebih tipis maka akan lebih mudah masuk ke celah-celah kaca.
  4. Cobalah menggeser kaca secara perlahan setelah lem terpotong dengan sempurna. Setelah itu potong lem silikon yang masih menempel dengan menggunakan cutter atau silet.
  5. Jika lem aquarium masih menempel dengan kuat, jangan melepaskan kaca secara paksa dari aquarium. Berilah thinner lagi supaya lem silikon menjadi lebih lunak.
Baca juga:  Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi yang Bocor

 

rekomendasi lem kaca aquarium kuat dan tahan lama
Rekomendasi Lem Kaca Aquarium Kuat dan Tahan Lama

 

OCI O-103

Lem silikon sealant yang beredar di pasaran sangat beragam. Tetapi produk yang populer digunakan untuk aquarium adalah produk dari OCI yaitu Orgasil-103 atau O-103. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti memperbaiki kaca, jendela dengan kaca ganda, aquarium, partisi shower, dan keramik saniter. 

Selain itu lem yang satu ini juga cocok digunakan untuk perbaikan penyegelan pada kendaraan maupun container. OCI O-103 merupakan lem silikon sealant dengan kualitas terbaik yang anti jamur dan mempunyai daya rekat yang luar biasa. Produk ini mempunyai berbagai macam jenis warna yaitu bening, hitam, putih, bronze dan abu-abu.

Dalam penggunaannya, lem ini bisa langsung dipakai dan juga tidak mengandung pelarut. Pada saat diaplikasikan tidak menggembung dan pengeringannya netral serta bermodulus sedang. Tanpa menggunakan primer atau pelapis tambahan, OCI O-103 dapat menempel pada semua material, namun perlu diperhatikan bahwa sealant asam atau acetic sealant ini dapat mengkorosi logam kecuali logam yang sudah di-coating/treatment.

Baca juga:  Infografis: Jenis-Jenis Lem Sealant Serbaguna Paling Populer

Bagaimana penjelasan mengenai cara melepas lem kaca aquarium di atas? Apa sudah cukup jelas? Apabila Anda membutuhkan lem untuk memperbaiki kaca aquarium maupun jenis kaca yang lainnya, jangan lupa memilih produk lem silikon sealant kaca dari OCI O-103 yang berkualitas baik untuk menyegel, mengikat dan memperbaiki kaca. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang satu ini, Anda dapat mengklik link berikut ini:

https://www.oci-international.com/id/orgasil-o-103/

https://www.oci-international.com/id/artikel/rekomendasi-lem-kaca-aquarium/

Yuk segera pesan lem dari OCI O-103 ini. Sekarang sudah tersedia di Tokopedia dan Shopee lho. Klik link berikut ini ya untuk langsung membelinya: https://www.tokopedia.com/impackpratama/oci-orgasil-103. Anda juga dapat memesan dalam jumlah banyak dengan cara mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengajukan pertanyaan mengenai produk tersebut.

Bagikan artikel ini:

Related Post

SEPTEMBER 7, 2023

Cara Memilih Sealant untuk...

Kenali ragam hal tentang sealant untuk interior mulai dari jenis sealant, cara memilih...

0

JUNI 16, 2022

Rekomendasi Lem Sealant untuk...

Cek rekomendasi lem sealant terbaik untuk atap uPVC dan Polycarbonate agar tahan...

0

MARET 17, 2022

Cara Mengatasi Retak Rambut...

Retak rambut pada dinding mengurangi estetika hunian kamu? Yuk simak cara menutupi retak...

0

JANUARI 21, 2022

Cara Membuat Aquarium Anti...

Memelihara ikan merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Ada yang memeliharanya...

0

DESEMBER 24, 2021

Cara Mengatasi Dak Beton...

Dak beton bocor memang jadi PR tersendiri ya, tidak hanya sulit untuk segera diatasi,...

0

OKTOBER 21, 2021

Cara Mudah Menutup Celah...

Keindahan sebuah rumah bukan hanya dilihat dari bentuk rumah, warna cat dinding, atau...

0
error: Content is protected !!